Minggu, 31 Juli 2016

Sumber dan kegunaan pasir yang perlu diketahui

pasir pasang

 

Pasir untuk kebutuhan manusia

 

 Pasir Pasang adalah pasir yang lebih halus dari pasir beton ciri cirinya apabila dikepal dia akan menggumpal tidak kembali lagi ke semula. Jenis pasir ini harganya lebih murah dibanding dengan pasir beton. Pasir pasang biasanya dipakai untuk campuran pasir beton agar tidak terlalu kasar sehingga bisa dipakai untuk plesteran dinding.
Pasir adalah material berupa butiran kecil. Dimasyarakat Indonesia bebrapa bahan disebut pasir karena bentuknya menyerupai pasir seperti gula pasir dan pasir silica.
Pasir yang berasal dari alam biasanya dihasilkan dari letusan gunung berapi, kita bisa lihat banyak penambang di bekas aliran magma.
Pasir sangat berguna untuk kebutuhan manusia terutama dalam bidang property. Kebutuhan akan pasir untuk bahan bangunan sangat tinggi disetiap Negara. Pasir adalah bahan bangunan yang banyak dipergunakan dari struktur paling bawah hingga paling atas dalam bangunan. Baik sebagai pasir urug, adukan hingga campuran beton. 

Beberapa pemakaian pasir dalam bangunan dapat kita jumpai seperti :


  • Penggunaan sebagai urugan, misalanya pasir urug bawah pondasi, pasir urug bawah lantai, pasir urug dibawah pemasangan paving block dan lain lain.
  • Penggunaan sebagai mortar atau spesi, biasanya digunakan sebagai adukan untuk lantai kerja, pemasangan pondasi batu kali, pemasangan dinding bata, spesi untuk pemasangan keramik lantai dan keramik dinding, spesi untuk pemasangan batu alam , plesteran dinding dan lain lain.
  • Penggunaan sebagai campuran beton baik untuk beton bertulang maupun tidak bertulang, bisa kita jumpai dalam struktur pondasi beton bertulang, sloof, lantai, kolom , plat lantai, cor dak, ring balok dan lain -lain.
Disamping itu masih banyak penggunaan pasir dalam bahan bangunan yang dipergunakan sebagai bahan campuran untuk pembuatan material cetak seperti pembuatan paving block, kansteen, batako dan lain lain

Sumber pasir  diproleh dari

  • Pasir Alam yaitu pasir yang bersumber dari gunung, sungai, pasir laut, bekas rawa dan ada juga dari pasir galian .
  • Pasir Pabrikasi yaitu pasir yang didapatkan dari penggilingan bebatuan yang kemudian diolah dan disaring sesuai dengan ukuran maksimum dan minimum aggregat halus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar